A. Pengertian
Pengertian Multimedia secara etimologi (menurut kamus/ensiklopedi) berasal dari dua kata “Multi” dan “Medium” yang berarti:
“Multi” (latin noun) bermacam-macam, banyak multimedia
“Medium” (latin) : sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu.
Secara terminologi (menurut istilah) multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan berbagai media yang berbeda untuk membawa,menyampaikan informasi dalam bentuk teks,grafik,animasi,audio,video, atau gabungan dari beberapa komponen tersebut.
Menurut beberapa ahli:
Menurut beberapa ahli:
1. Dalam edisi pertama dari 1.993 McGraw-Hill Multimedia: Making
It Work, Tay Vaughan menyatakan "Multimedia adalah kombinasi dari teks, seni
grafis, suara, animasi, dan video yang dikirimkan oleh komputer. Ketika Anda
membiarkan pengguna - penampil proyek - untuk mengontrol apa dan kapan elemen
ini disampaikan, itu adalah multimedia interaktif. Ketika Anda memberikan struktur
elemen terkait di mana pengguna dapat menavigasi, multimedia interaktif menjadi
hypermedia.” [Vaugh1993]
2.
Multimedia merupakan penggabungan dari berbagai elemen yang digabungkan seperti te ks, seni, suara, gambar, dan video yang disampaikan dengan komputer
secara interaktif. [Vaugh2004]
3.
Multimedia adalah sebuah media yang menggabungkan berbagai jenis media
lain, misalnya penggabungan visual dan auditory. (Bonni2008)
4.
“Tetapi
saat, ini sudah ada definisi lebih kuat mengenai komputer multimedia; sebuah
komputer multimedia adalah yang dapat mengontrol lebih dari satu tipe media
yang tidak bergantung dengan waktu (diskrit) dan media yang bergantung dengan
waktu. Gambar dan Teks adalah contoh dari media yang diskrit yaitu media yang
tidak bergantung dengan waktu, sedangkan audio dan video adalah bergantung
dengan waktu, sebagai konsekwensinya media tersebut berjalan dengan berdasarkan
waktu”. [Tri2005,1]
B.Elemen Multimedia
Menurut Hofstetter (2001, p16)
komponen multimedia
terbagi atas lima jenis yaitu:
1.
Teks
Teks merupakan elemen multimedia yang menjadi dasar untuk menyampaikan informasi, karena teks adalah jenis data yang paling sederhana dan membutuhkan tempat penyimpanan yang paling kecil. Teks
merupakan cara yang paling efektif dalam mengemukakan ide-ide kepada pengguna, sehingga penyampaian informasi akan lebih mudah dimengerti oleh masyarakat. Jenis-jenis teks seperti Printed Text, yaitu teks yang dihasilkan oleh word processor atau word editor dengan cara diketik yang nantinya dapat dicetak. Scanned Text yaitu teks yang dihasilkan melalui proses scanning tanpa pengetikan. Dan Hypertext yaitu jenis teks yang memberikan link ke suatu tempat / meloncat ke topik tertentu.
Teks merupakan elemen multimedia yang menjadi dasar untuk menyampaikan informasi, karena teks adalah jenis data yang paling sederhana dan membutuhkan tempat penyimpanan yang paling kecil. Teks
merupakan cara yang paling efektif dalam mengemukakan ide-ide kepada pengguna, sehingga penyampaian informasi akan lebih mudah dimengerti oleh masyarakat. Jenis-jenis teks seperti Printed Text, yaitu teks yang dihasilkan oleh word processor atau word editor dengan cara diketik yang nantinya dapat dicetak. Scanned Text yaitu teks yang dihasilkan melalui proses scanning tanpa pengetikan. Dan Hypertext yaitu jenis teks yang memberikan link ke suatu tempat / meloncat ke topik tertentu.
2.
Grafik
(image)
Sangat bermanfaat untuk mengilustrasi informasi yang akan disampaikan terutama informasi yang tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata. Jenis-jenis grafik seperti bitmap yaitu gambar yang disimpan dalam bentuk kumpulan pixel, yang berkaitan dengan titik-titik pada layar monitor. Digitized picture adalah gambar hasil rekaman video atau kamera yang dipindahkan ke komputer dan diubah ke dalam bentuk bitmaps. Hyperpictures, sama seperti hypertext hanya saja dalam bentuk gambar.
Sangat bermanfaat untuk mengilustrasi informasi yang akan disampaikan terutama informasi yang tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata. Jenis-jenis grafik seperti bitmap yaitu gambar yang disimpan dalam bentuk kumpulan pixel, yang berkaitan dengan titik-titik pada layar monitor. Digitized picture adalah gambar hasil rekaman video atau kamera yang dipindahkan ke komputer dan diubah ke dalam bentuk bitmaps. Hyperpictures, sama seperti hypertext hanya saja dalam bentuk gambar.
3.
Audio
Multimedia tidak akan lengkap jika tanpa audio (suara). Audio bisa berupa percakapan, musik atau efek suara.
Format dasar audio terdiri dari beberapa jenis :
Multimedia tidak akan lengkap jika tanpa audio (suara). Audio bisa berupa percakapan, musik atau efek suara.
Format dasar audio terdiri dari beberapa jenis :
1.
WAVE
Merupakan format file digital audio yang disimpan dalam bentuk digital dengan eksistensi WAV
Merupakan format file digital audio yang disimpan dalam bentuk digital dengan eksistensi WAV
2.
MIDI (Musical Instrument Digital
Interface)
MIDI memberikan cara yang lebih efisien dalam merekam music dibandingkan wave, kapasitas data yang dihasilkan juga jauh lebih kecil. MIDI disimpan dalam bentuk MID.
MIDI memberikan cara yang lebih efisien dalam merekam music dibandingkan wave, kapasitas data yang dihasilkan juga jauh lebih kecil. MIDI disimpan dalam bentuk MID.
4.
Video
Video menyediakan sumber yang kaya dan hidup untuk aplikasi multimedia. Dengan video dapat menerangkan hal-hal yang sulit digambarkan lewat kata-kata atau gambar diam dan dapat menggambarkan
emosi dan psikologi manusia secara lebih jelas.
Video menyediakan sumber yang kaya dan hidup untuk aplikasi multimedia. Dengan video dapat menerangkan hal-hal yang sulit digambarkan lewat kata-kata atau gambar diam dan dapat menggambarkan
emosi dan psikologi manusia secara lebih jelas.
5.
Animasi
Animasi adalah simulasi gerakan yang dihasilkan dengan menayangkan rentetan frame ke layer. Frame adalah satu gambar tunggal pada rentetan gambar yang membentuk animasi.
Animasi adalah simulasi gerakan yang dihasilkan dengan menayangkan rentetan frame ke layer. Frame adalah satu gambar tunggal pada rentetan gambar yang membentuk animasi.
Animate adalah untuk membuat sesuatu hidup,
sebagian orang mengira bahwa animasi itu sama dengan motion (gerakan), tetapi
animasi mencakup
semua yang mengandung efek visual sehingga animasi mencakup perubahan posisi terhadap waktu, bentuk, warna, struktur, tekstur dari sebuah objek, posisi kamera, pencahayaan, orientasi dan focus dan perubahan dalam teknik rendering. Menurut [Foley1997, p1057]
semua yang mengandung efek visual sehingga animasi mencakup perubahan posisi terhadap waktu, bentuk, warna, struktur, tekstur dari sebuah objek, posisi kamera, pencahayaan, orientasi dan focus dan perubahan dalam teknik rendering. Menurut [Foley1997, p1057]
C. Aplikasi Multimedia
Aplikasi multimedia
dalam berbagai bidang
1.Pendidikan
Internet
merupakan alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi
antara dua orang atau lebih. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan
terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi lebih
efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik. Dengan
hadirnya e-learning setiap Siswa bisa mengakses materi pembelajaran yang
disediakan melalui situs. Siswa bisa berinteraksi dengan Guru atau dengan Siswa
lain tanpa harus harus hadir dikelas. Materi pembelajaran online, membuat siapa
saja bisa mengakses materi tersebut tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu.
Penggunaan
perangkat Teknologi Informasi interaktif, seperti CD-ROM dan Multimedia, dalam
pendidikan secara bertahap menggantikan TV dan Video. Dengan perkembangan
Teknologi Informasi dalam bidang pendidikan, sudah dimungkinkan untuk diadakan
belajar jarak jauh menggunakan media internet untuk menghubungkan antara
peserta didik dengan pendidiknya, melihat nilai peserta didik secara online, mengecek
keuangan, melihat jadwal pelajaran, mengirimkan berkas tugas yang diberikan
pendidik dan sebagainya. Faktor utama dalam Distance Learning yang selama ini
dianggap masalah adalah tidak adanya interaksi antara pendidik dan peserta
didik.
Salah
satu contoh aplikasi TIK dalam bidang Pendidikan lebih dikenal dengan
e-education, dengan adanya TIK dibidang pendidikan maka membuka peluang
Distance Learning atau pembelajaran jarak jauh, sharing resource atau berbagi
sumber daya antar lembaga pendidikan, perpustakaan online, CD-interaktif yang
menjadikan pembelajaran semakin menyenangkan, adanya kuliah online dan
sebagainya.
2.
Kesehatan
Pelayanan kesehatan berbasis Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK) komputer, atau yang biasa disebut sebagai e-Health, tengah mendapat
banyak perhatian dunia. Terutama disebabkan oleh janji dan peluang bahwa
Teknologi mampu meningkatkan kualitas kehidupan manusia. Tulisan ini mencoba
mengulas bagaimana sebenarnya e-Health tersebut dan bagaimana implikasi
Teknologi dalam meningkatkan pelayanan kesehatan.
Pengertian
e-Health sendiri secara luas dapat bermakna bidang pengetahuan baru yang
merupakan persilangan dari informasi medis, kesehatan public, dan usaha,
berkaitan dengan jasa pelayanan dan informasi kesehatan yang dipertukarkan atau
ditingkatkan melalui saluran internet dan teknologi berkaitan dengannya. Dalam
pengertian lebih luas, e-Health dapat diartikan sebagai tidak hanya
pengembangan Teknologi pelayanan kesehatan, namun juga mencakup pengembangan
sikap, perilaku, komitmen, dan tata cara berpikir untuk mengembangkan pelayanan
kesehatan dengan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Salah satu aplikasi TIK
dalam bidang kesehatan, adanya USG (ultrasonografi) yang bermanfaat untuk
melihat organ dalam, Radiologi yang digunakan untuk melihat tulang dan
sebagainya.
3.
Pemerintahan
Sedangkan penerapan TIK dalam pemerintahan dikenal dengan
istilah e-government. Tujuan pemanfaatan TIK dalam pemerintahan adalah agar
pelayanan kepada masyarakat dalam lebih efisien. Government mengacu pada
penggunaan Teknologi Informasi oleh pemerintahan, seperti menggunakan intranet
dan internet, yang mempunyai kemampuan menghubungkan keperluan penduduk,
bisnis, dan kegiatan lainnya. Pada intinya e-government adalah penggunaan
Teknologi Informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan
pihak-pihak lain. Penggunaan Teknologi Informasi ini kemudian menghasilkan
hubungan bentuk baru seperti: G2C (Governmet to Citizen), G2B (Government to
Business), dan G2G (Government to Government). Manfaat e-government yang dapat
dirasakan antara lain:
· Pelayanan yang lebih baik kepada
masyarakat, informasi dapat disediakan 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu,
tanpa harus menunggu dibukanya kantor, informasi dapat dicari dari kantor,
rumah, tanpa harus secara fisik datang ke kantor pemerintahan.
· Peningkatan hubungan antara pemerintah,
pelaku bisnis, dan masyarakat umum, adanya keterbukaan (transparansi) maka
diharapkan hubungan antara berbagai pihak menjadi lebih baik, keterbukaan ini
menghilangkan saling curiga dan kekesalan dari semua pihak.
Dalam bidang
pemerintahan, ini sangat bermanfaat untuk membantu masyarakat dalam mengurus
segala keperluannya sebagai warga negara.
4.
Perbankan
Sebagai contoh dari aplikasi TIK pada bidang perbankan
adalah seorang nasabah dapat menarik uang dimanapun dia berada selama masih ada
layanan ATM (Anjungan Tunai Mandiri) dari bank tersebut, atau seorang nasabah
dapat mengecek saldo dan mentransfer uang tersebut ke rekening yang lain hanya
dalam hitungan menit saja, semua transaksi dapat dilakukan.
5.
Hiburan
Kebanyakan
dari produk multimedia sampai ke rumah-rumah lewat televisi biasa atau melalui
jaringan komputer pribadi (PC). Pada saat ini, konsumen dari produk multimedia
sudah memiliki komputer yang sudah terpasang CD-ROM Player atau televisi yang
dihubungkan dengan alat sejenis CD player, seperti Kodak Photo CD, Philips CD-I
Player atau Panasonic 3DD Player. Alat-alat permainan seperti Nintendo, Sega,
Playstation atau Atari sudah mulai masuk kerumah-rumah. Banyak dari produk
mereka menggunakan teknologi CD yang mengizinkan multimedia masuk ke rumah
tangga. Telah terjadi peningkatan penjualan atas produk multimedia hiburan
berbasis komputer dan produk game elektronik. Kenyataan ini telah membuka suatu
peluang baru bagi pemasaran multimedia, baik untuk hiburan maupun untuk
kepentingan usaha yang akan membuat kemudahan baik bagi produsen maupun
konsumen.
D. Referensi
1. [Vaugh1993,3] Vaughan, Tay,”Multimedia: Making It
Work”,Osborne,McGraw-Hill,
Berkeley:1993.
2. [Satri2012] http://www.satriamultimedia.com,12 Oktober
2012,jam:07.33 PM WIB.
4. [chiev2010]
http://chievan.blogspot.com,
16 Oktober 2012,Jam 04.51 WIB.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar